Desain Interior Rumah Industrial Tonjolkan Sisi Unik Lebih Instagramable

Desain interior rumah industrial menjadi konsep unik yang mulai ramai peminat. Selain interior, penerapan konsep rumah industrial juga bagus untuk eksterior.

Siapa saja bisa memiliki rumah style industrial. Asalkan menyesuaikan dengan anggaran.

Bagi Anda yang saat ini bosan dengan style interior yang itu-itu saja dan merencanakan mendekornya kembali, cobalah mengaplikasikan konsep industrial. Dijamin Anda akan merasakan suasana hunian yang berbeda.

Desain Interior Rumah Industrial Tonjolkan Sisi Unik Lebih Instagramable
unsplash.com

Cara Mengaplikasikan Desain Interior Rumah Industrial

Konsep hunian industrial tidak hanya unik. Model hunian yang lagi booming ini juga terlihat modern dan urban.

Material yang dibutuhkan sederhana dan mudah sekali mendapatkannya. Dari sini kita bisa tahu bahwa konsep industrial terbilang low budget.

Pada prakteknya, rumah industrial banyak mengadaptasi konsep industri Eropa. Konsep ini menjadi favorit kaum milenial.

Hanya saja, pengetahuan orang akan style interior hunian industrial masih sangat minim. Padahal, bila tepat penataan ruangnya, maka hasil lebih aesthetic dan menawan.

Tampilkan Kesederhanaan Melalui Bahan Baku

Kesederhanaan dalam konsep industrial justru menjadi bagian dari keindahannya. Konsep industrial sengaja mengekspos material bangunan.

Misalkan Anda menggunakan material batako. Maka, hasil sentuhan finishing hunian terkesan tidak rapi. Mudahnya adalah berupa tampilan setengah jadi. Justru di sinilah letak aestheticnya.

Pemilihan Warna Netral dan Gelap

Pemilihan warna-warna netral dan gelap menjadi warna yang mendominasi desain interior rumah industrial. Misalkan saja merah bata, coklat, hitam, dan lain-lain.

Jika menerapkan style ini pada interior ruang tamu, maka suasana menjadi lebih tenang. Sebagai aksennya, silahkan memilih warna gold atau silver.

Pertimbangkan Furniture

Tidak boleh asal memilih furniturnya. Supaya lebih greget, pertimbangkan jenis bahan, warna, hingga model furniture.

Bila ingin interior terkesan lebih mewah, boleh memakai perabot berbau maskulin. Misalkan saja memakai meja besi, sofa abu-abu, dan dekorasi kayu.

Ingin tampilan interior semakin unik? Pilih warna senada antara perabot dengan dinding. Bisa juga bermain dengan warna cerah sebagai center point ruangan.

Sebagai contohnya adalah bila warna furniture cerah, maka dindingnya memakai warna monokrom, sehingga kesan ruangan lebih adem. Atau bisa juga sebaliknya. Jadi, hadirkan hiasan monokrom berukuran besar. Ini memberikan kesan tegas dan berani.

Tanpa Jendela

Maksudnya ruangan tanpa jendela adalah karena hanya menggunakan pintu dan dinding bermaterial kaca. Jadi, tidak perlu jendela lagi karena pencahayaan di dalam ruangan terbilang cukup.

Tata lampu dan pencahayaan menjadi bagian cukup penting dalam hal mendesain interior ruangan. Khusus untuk konsep industrial, sistem pencahayaannya lebih sederhana.

Ini sesuai asal usul konsep industrial. Anda bisa menggunakan lampu gantung dengan kabel lilit atau sejajar dan lampu dengan yang menghasilkan cahaya kuning atau orange.

Masih bingung bagaimana menerapkan desain interior rumah industrial? Untuk menonjolkan sisi unik dan tampilan instagramable untuk interior ruangan, tidak ada salahnya menerapkan tips di atas.