Ide Interior Rumah Mediterania yang Mewah untuk Hunian Tropis

Mungkin saja selama ini Anda hanya mengenal Jepang atau Skandinavia sebagai negara yang wilayahnya memiliki gaya rumah khas. Dari beragam gaya tersebut, terdapat salah satu gaya rumah yang cukup menarik, yakni gaya mediterania. Tentunya untuk mewujudkanya, Anda memerlukan ide interior rumah mediterania.

Ide Interior Rumah Mediterania
Pexels.com

Ide Interior Rumah Mediterania yang Mewah untuk Hunian Tropis

Rumah yang menerapkan desain mediterania terinspirasi dari bagunan-bangunan di negara Eropa. Konsep rumah dengan gaya ini lebih dekat dengan alam dan terlihat lebih klasik. Secara garis besar, gaya mediterania mengusung kesejukan, earthy, dan juga ornamented.

Gaya rumah ini bisa Anda temukan di vila atau rumah-rumah liburan di negara-negara mediterania, misalnya seperti di negara Spanyol, Italia, dan juga Portugal. Gaya rumah ini juga bisa memberikan suasana liburan menyenangkan dan tenang saat berada di rumah.

Menambahkan Ubin Bercorak

Bila memilih cat tembok minimalis, Anda bisa menambahkan warna pada bagian ubinnya. Menambahkan ubin dengan corak khas disebut dengan Majolica dalam interior ala Spanyol. Warna-warna vibrant mediterania cocok untuk digunakan pada lantai dapur atau hiasan di tangga.

Ubin ini bisa Anda aplikasikan pada didinding kamar mandi yang memiliki atap terbuka. Sehingga pantulan sinar matahari dapat membuat motif pada ubin terlihat lebih indah.

Tambahkan Komponen Kayu untuk Kamar Tidur

Anda bisa menambahkan komponen kayu alami dan dinding yang bertekstur untuk memberikan nuansa berbeda di kamar tidur. Elemen-elemen utama yang bisa Anda tambahkan untuk memaksimalkan gaya mediterania adalah penggunaan fitur gaya regional dan nuansa coklat bersahaja. Selain itu bisa juga menambahkan furniture kuning dan merah hangat.

Langit-langit Gunakan Balok Terbuka

Ide interior rumah mediterania selanjutnya dengan menambahkan banyak elemen kayu yang sering menampilkan serat pada kayu. Penggunaan balok kayu sebagai ornamen pada langit-langit rumah bisa menjadi pilihan. Jika biasanya pada bagian plafon tampak kosong, dengan menambahkan balok kayu yang susun kotak-kotak akan semakin menegaskan unsur alam dalam interior rumah Anda.

Lengkungan Dominasi Ornamen Rumah

Rumah biasa akan menggunakan jendela dan pintu yang berbentuk persegi panjang. Namun, di rumah mediterania lekat dengan penggunaan ornament lengkungan pada jendela, pintu, dan elemen bangunan lainnya. Gaya mediterania mengusung aksen lengkungan untuk membuat hunian tampak lebih terbuka dan dinamis.

Supaya lebih cantik, kusen pada jendela dan pintu tidak harus berwarna coklat atau hitam. Anda bisa menambahkan warna lainnya, seperti merah bata atau biru supaya ruangan lebih terasa cerah.

Pilih Warna dan Furniture dengan Warna Mencolok

Tidak harus selalu bermain warna dengan ubin, Anda bisa mencoba menggunakan perabotan yang warnanya mencolok. Supaya interior tidak terlihat terlalu pucat, Anda bisa menambahkan warna hijau dari tanaman hias atau menambahkan bantal atau cushion dengan warna cerah.

Anda bisa menerapkan permainan warna ini di area dapur. Itulah ide interior rumah mediterania yang bisa Anda coba. Menggabungkan aksen alam dan warna terang akan menghadirkan ruangan menarik mata.